The Urgency of Supervision in Improving the Performance of Village Apparatus in Village Government as The Embodiment of Good Governance

Mohamad Fasyehhudin Fasyehhudin, Muyhi Mohas Mohas

Abstract


Pengawasan merupakan tugas pemerintah yang paling penting dalam penyelenggaraan berbagai urusan pemerintahan dalam rangka peningkatan kinerja, baik pada tinggkatan pemerintah daerah dan pemerintah desa. Sering terjadi pengawasan yang tidak efektif karena masih banyak laporan- laporan yang tidak valid yang akhirnya menjadi temuan oleh masyarakat, sehingga tidak memuaskan bahkan berujung pada permasalahan hukum. Ini merupakan masalah yang besar dan merugikan pemerintah desa, oleh karena itu dibutuhkan sistem dan strategi pengawasan yang efektif yang tidak dapat diintervensi oleh pihak mana pun. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menjelaskan dan menganalisis bagaimana Urgensi pengawasan di pemerintahan desa; (2) Untuk menjelaskan dan menganalisis bagaimana pengawasan yang efektif dalam peningkatan kinerja aparatur desa di pemerintahan desa sebagai perwujudan pemerintahan yang baik. Metode penelitian yang digunakan dalam proposal penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan hukumyuridis normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Urgensi dari Pengawasan dalam Pemerintahan Desa adalah untuk mewujudkan dan meningkatkan efisiensi, efektif, rasionalitas dan ketertiban dalam pencapaian tujuan dan pelaksanaan tugas-tugas aparatur desa. Pengawasan dianggap penting karena dalam arti pengawasan manajerial, adalah kegiatan untuk menjamin bahwa pelaksanaan sesuai dengan rencana. Agar pengawasan dilakukan secara efektif, pengawas di Pemerintahan desa harus terdiri dari pengawas internal dan pengawas eksternal.

 


Full Text:


PDF View

References


*Book

Bhenyamin Hoessein, Perubahan Model, dan Bentuk Pemerintahan Daerah : Dari Era Orde Baru ke Era Reformasi. Edisi Revisi. Departemen Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2011.

Hendri Simamora, Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Yogjakarta : STIE YKPN, 2004.

Ilyas Yaslis. Kinerja, Teori dan Penelitian, Cetakan Pertama, Yogjakarta: Liberty, 2005.

Kuntjoro Purbopranoto, Beberapa Catatan Tentang Hukum Tata Pemerintahan dan Peradilan Administrasi, Bandung: Alumni, 1985.

Mathis R.L dan Jackson J.H, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Salemba Empat, 2006.

M. Manullang, Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press, 2009.

Nawawi, Ismail. Pembangunan dan Problem Masyarakat (Kajian Konsep, Model, Teori dari Aspek Ekonomi dan Sosiologi). Surabaya: CV. Putra Media Nusantara, 2009.

Prayudi Atmosudirjo. Hukum Administrasi Negara. Seri Pustaka Ilmu Administrasi. Edisi Revisi, cetakan ke 10, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1994.

Rivai, Manajemen Sumber Daya manusia untuk Perusahaan, Dari Teori Ke Praktek, Cetakan Pertama, Jakarta : PT. Rajagrafindo 2005.

Safri Nugraha dkk. Hukum Administrasi Negara. Edisi Revisi. Center For Law And Good Governance Studies (CLGS) Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2007.

Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia, Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. Jilid II/Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT. Gunung Agung, 1998.

Sofyan Harahap, Sistem Pengawasan Manajemen, Penerbit Quantum 2007.

Sondang P.Siagian, Filsafat Administrasi, Edisi Revisi, Cetakan 5. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

Sujamto, Beberapa Pengertian di Bidang Pengawasan. Edisi Revisi. Cetakan kedua. (Jakarta : Ghalia Indonesia), 1986.

Surya Dharma, Manajemen Kinerja, Filsafah, Teori dan Penerapannya. Cetakan I, Yogjakarta: Pustaka Pelajar, 2004

Winardi, Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2011.

Yeremias T Keban, Enam Dimensi Administrasi Publik, Konsep, Teori dan Isu. Cetakan Pertama. Yogjakarta: Penerbit Gevamedia, 2008.

*Print Journal

Budiyarto Usman, Salmin Dengo dan Very Y.Londa, “Fungsi Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan Desa Di Kecamatan Galela Kabupaten Halmahera Utara”, Jurnal Administrasi Publik, Vol 3 No 41, 2016, dapat diakses secara online di https://ejournal.unsrat

.ac.id/index.php/JAP/article/view/14301

Neti Sunarti, “Pengawasan sebagai fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dalam Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Di Desa”, Jurnal Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, Vol 5 No 2, 2018 dapat diakses secara online https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/view/1413.

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD NRI)

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Pemerintahan Daerah

Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa




DOI: http://dx.doi.org/10.20884/1.jdh.2020.20.1.2875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





JURNAL DINAMIKA HUKUM Indexed by :
Crossref logo

 
Jurnal Dinamika Hukum
Faculty of Law, Universitas Jenderal SoedirmanCopyright of Jurnal Dinamika Hukum
Yustisia IV Building, Law Journal CenterISSN 2407-6562 (Online) ISSN 1410-0797 (Print)
Purwokerto, Central Java, Indonesia, 53122JDH is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License